PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN YANG MEMBELI KAOS SEPAK BOLA GRADE ORI DI KOTA BLITAR

Authors

  • Sandi Eka Suprajang
  • Moh. Roby Luthfianta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen membeli kaos sepak bola grade ori di Kota Blitar. Penelitian ini bersifat eksplanatory research, dimana penelitian yang dilakukan merupakan suatu usaha untuk menjelaskan fenomena yang terjadi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian survey Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli kaos sepak bola grade ori di Kota Blitar pada Bulan September sampai dengan Bulan Oktober 2013. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden dan pengambilan sampelnya menggunakan metode sampling insidental. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh langsung yang positif terhadap loyalitas konsumen membeli kaos sepak bola grade ori di Kota Blitar. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh secara langsung yang positif terhadap loyalitas konsumen membeli kaos sepak bola grade ori di Kota Blitar. Penelitian ini juga membuktikan bahwa pengaruh kualitas produk dan citra merek dapat memberikan pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas konsumen membeli kaos sepak bola grade ori di Kota Blitar, melalui kepuasan pengunjung.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Kepuasan, Loyalitas

Published

02-11-2015

Issue

Section

Artikel