ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KEPUTUSAN UNTUK MENGIKUTI PROGRAM ASURANSI DI KOTA BLITAR

Authors

  • Aris Sunandes

Abstract

Risiko adalah segala hal yang bisa terjadi pada diri manusia yang tidak diinginkan untuk terjadi. Setiap manusia memiliki risiko atas apa pun yang dia lakukan. Selain itu, hidup manusia sendiri juga mengandung banyak risiko.Ada beberapa risiko yang bisa dihindari, dan ada beberapa risiko yang tidak bisa dihindari.

Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong keputusan mengikuti program asuransi di Kota Blitar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini analisis korelasi dan faktor setelah diuji dengan uji validitas dan reliabilitas data.

Hasil penelitian ini menunjukkan analisis faktor menjelaskan suatu definisi atau variabel dengan indikator percentage of variance 46,058 yang artinya bahwa faktor-faktor yang digunakan dalam menjelaskan definisi atau variabel atau faktor-faktor yang medorong keputusan untuk mengikuti program asuransi adalah sebesar 46,058%.

Dari sembilan faktor-faktor yang mempengaruhi untuk ikut program asuransi asuransi adalah secara berurutan : melindungi keluarga yaitu 83,7%, menghilangkan ketergantungan yaitu 78,9%, menjamin wanita karier yaitu 77,7%, stimulasi menabung yaitu 76,2%, kontribusi pendidikan yaitu 75,8%, kontribusi sosial yaitu 69,2%, memupuk kekayaan yaitu 59,7%

 

Kata Kunci : Keputusan Asuransi, Faktor Yang Mempengaruhi

Published

01-10-2015

Issue

Section

Artikel