PENGARUH BEBERAPA FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PUBLIK PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

Authors

  • Retno Murnisari

Abstract

Pelayanan publik sebagai salah satu fungsi Pemerintah juga mengalami perubahan. Hal ini seiring dengan perkembangan masyarakat yang semakin dinamis, dengan tingkat kehidupan dan pendidikan yang semakin baik, secara perlahan-lahan telah membuat warga Negara menyadari posisinya dalam berhadapan dengan Negara, yaitu mereka (masyarakat) harus dilayani, bukan melayani.

Mengingat berbagai fenomena pelayaanan publik yang cenderung kurang berkualitas, dimana pelayanan yang diberikan oleh sektor publik terkesan terlalu mengada-ada, berbelit-belit, memakan waktu dan menyebalkan, maka diperlukan peningkatan kualitas pelayanan publik yang mengacu  pada nilai-nilai “three E’s”  yaitu effectiveness, efficiency dan economy. Serta nilai “three R’s” yaitu responsiveness, responsibility  dan representatives  serta tidak lupa nilai “tiga H” yaitu hukum yang adil, hukum yang jelas dan hukum yang pasti

 

Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan publik, pelayanan publik, sektor publik

Published

01-10-2015

Issue

Section

Artikel