PENGARUH PREMI ASURANSI, PROGRAM ASURANSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POLIS ASURANSI PADA AJB BUMI PUTERA 1912 BLITAR

Deby Agrani

Abstract


Kata kunci : premi asuransi, program asuransi, pelayanan, keputusan pembelian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  secara  simultan  dan pengaruh secara parsial Premi  Asuransi,  Program  Asuransi  dan  Pelayanan  terhadap  Keputusan  Pembelian.  Serta  untuk mengetahui  faktor  yang  paling  dominan  berpengaruh,  antara  Premi  Asuransi,  Program  asuransi  dan Pelayanan,  terhadap  Keputusan  Pembelian  Polis  pada  AJB  Bumiputera  1912  Cabang  Blitar.  Populasi dalam penelitian ini adalah para nasabah yang menabung di AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik perhitungan rumus slovin.

Berdasarkan  hasil  penelitian,  penelitian  ini  memiliki  nilai  koefisien  determinasi  yang  sudah disesuaikan  (adjusted  R  square)  sebesar  0,587.  Artinya,  58,7%  keputusan  pembelian  dipengaruhi  oleh premi  asuransi,  program  asuransi  dan  pelayanan,  sedangkan  sisanya  yaitu  41,3%  (100%-58,7%) keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Besarnya F-hitung = 47,840, nilai ini lebih besar dari F-tabel = 2,21 (47,840 > 2,21) dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga menolak Ho1 dan menerima Ha1. Artinya, bahwa secara bersama -sama (simultan)  premi  asuransi,  program  asuransi  dan  pelayananmempunyai  pengaruh  terhadap  keputusan pembelian polis asuransi AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar. Nilai t-statistik1 = 2,200 lebih besar dari t-tabel = 1,660 (2,220 > 1,660). Dari pengujian ini menunjukkan H o2 ditolak dan Ha2 diterima, artinya premi asuransi berpengaruh dalam keputusan pembelian polis dengan tingkat signifikansi sebesar 0,030 < 0,05.  Nilai  t-statistik  2  =  3,010  lebih  besar  dari  t-tabel  =  1,660  (3,010  >  1,660).  Dari  pengujian  ini menunjukkan  Ho3  ditolak  dan  Ha3  diterima,artinya  program  asuransi  berpengaruh  terhadap  keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Nilai t-statistik 3 = 2,584 lebih besar dari ttabel = 1,660 (2,584 > 1,660). Dari pengujian ini menunjukkan Ho4   ditolak dan Ha4 diterima, pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0,011 < 0,05. Dan vriabel bebas yang secara individu mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan membeli dengan menggunakan nilai  beta  tertinggi  adalah  0,340  yaitu  program  asuransi,  artinya  program  asuransi  sangat  menentukan keputusan pembelian polis AJB Bumiputera 1912 Cabang Blitar.

Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini  sebagai berikut:  Untuk mendukung agar jumlah konsumen yang dicapai dapat lebih meningkat ada baiknya AJB Bumiputera Cabang Blitar (khususnya tim marketing) lebih kreatif dalam menciptakan strategi-strategi baru, inovasi baru dengan memberikan hadiah langsung berupa  gadget  kepada konsumen baru, dan diferensiasi  yang  mampu  menjadikan  AJB Bumiputer 1912 Cabang Blitar sebagai  market leader  dan dapat terus bersaing dengan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi lainnya.  Akan tetapi  yang perlu diingat ialah tetap  mengutamakan  kualitas produk,  membuat  produk  semakin  diminati  dengan  premi  yang  terjangkau  sesuai  dengan  kemampuan ekonomi masyarakat mengingat AJB Bumiputera 1912 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa.  Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti dengan variabel-variabel lain dari luar variabel yang telah diteliti ini agar memperoleh hasil yang bervariatif yang dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.