PELAKSANAAN PENGAWASAN DAN PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU YANG OPTIMAL UNTUK KELANCARAN PROSES PRODUKSI PADA CV ‘INDAH CEMERLANG” SINGOSARI-MALANG”

Iqbal Fatawi

Abstract


Kata kunci : Pengawasan Persediaan, Perencanaan, Proses produksi
 
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  pengawasan  dan  perencanaan  bahan  baku berpengaruh  terhadap optimalisasi proses produksi pada perusahaan  tegel CV  “Indah Cemerlang” Singosari-Malang.

Populasi  dan  sampel  dalam  penelitian  ini  merupakan  data  bagian  produksi  sedangkan sampel yang di ambil data bagian proses produksi di  tersebut, Sedangkan  jenis  penelitian adalah kuantitatif  menggunakan  metode  analisa  data  Economic  Order  Quantity  (EOR),  Savety  Stock, Reorder Point (ROP) dan Maxsimum Inventory.

Berdasarkan analisa tersebut di dabatkan pada tahun 2014 kebutuhan bahan baku sebesar 28.826 kg. Economic  Order  Quantity(EOQ)  10.162kg,Sefty  Stock  (SS)  3.459kg,Reorder  Point (ROP)11.964 dan Maxsimum Inventory sebesar 13.621kg.

Perusahaan  harus  tetap mengadakan  pengawasan  dan  perencanaan  terhadap  persediaan bahan  baku  dalam  menjalankan  kegiatan  proses  produksi,  sehingga  dapat  mencapai  hasil  yang optimal.  Perusahaan  harus  mampu  menganalisa  pemesanaan  persediaan  paling  ekonomis  yang harus dilakukan sehingga proses produksi tidak akan terhambat dan ketersediaan bahan baku tidak akan kelebihan maupun kekurangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.