ANALISIS PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN PENJUALAN SAMBEL PECEL TERHADAP LABA KOTOR PADA UD KARUNIA BLITAR

Ngudi Santoso

Abstract


Kata Kunci : Biaya Produksi, Penjualan, Laba

Biaya Produksi adalah biaya yang berkaitan dalam proses produksi yang terdiri dari biaya bahan baku  langsung, tenaga kerja  langsung, dan  biaya  overhead pabrik.  Penjualan adalah  total  barang yang terjual oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Oleh sebab itu kemampuan perusahaan dalam  menetapkan  biaya  produksi  dan  menghasilkan  penjualan  produk  yang  tepat  akan mempengaruhi  tingkat  laba  kotor  yang  diperoleh.Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui pengaruh biaya produksi dan penjualan terhadap laba  kotor  dan untuk mengetahui besar pengaruh biaya produksi dan penjualan sambel pecel terhadap laba kotor pada UD. Karunia Blitar. Variabel  dalam  penelitian  ini  adalah  variabel  bebas  (independent  variable)  dan  variabel  terikat (dependent variable).

Variabel bebas (independent variable) adalah biaya produksi (X1), penjualan (X2). Sedangkan variabel terikat (dependent variable) adalah  laba  kotor  (Y). Di dalam penelitian ini  sampel  yang digunakan adalah  Laporan Laba Rugi tahun 2008-2012  UD  “Karunia”. Metode analisa  yang  digunakan  dalam  memecahkan  masalah  yang  telah  dikemukakan  serta  untuk membuktikan hipotesis adalah analisa deskriptif dan analisa regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan  pada  UD.  “Karunia”  Blitar  berlokasi  di  Dusun  Banjarejo  Desa  Bangsri  Rt/Rw  04/11Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar pada pada tanggal  6 Januari sampai 7 maret 2014.

Hasil  pengujian  menunjukkan  bahwa  biaya  produksi  dan  penjualan  mempunyai  pengaruh  yang signifikan  terhadap  laba.  Hasil  ini  dapat  dilihat  pada  uji  determinasi  menunjukkan  bahwa  nilai (Adjust  R  Square)  0.601  hal  ini  menunjukkan  bahwa  biaya  produksi  dan  penjualan  mempunyai pengaruh  60,1% terhadap laba  kotor dan sisanya  39,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.  Untuk  meningkatkan  laba  pada  masa  yang  akan  datang,  pimpinan  UD.  Karunia  Blitar harus  senantiasa  melakukan  langkah-langkah  kebijaksanaan  melalui  suatu  anggaran  biaya produksi, beserta harga perolehan  dan harga jual yang tepat agar tercapainya biaya produksi yang efisien  sehingga  harga  jual  produk  akan  murah  dengan  mutu  produk  yang  terjaga.  Dengan demikian  akan  membantu  dalam  meningkatkan  penjualan  sambel  pecel  dan  laba  kotor  yang diperoleh UD. Karunia Blitar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.