PENGARUH ADVERTISING, PERSONAL SELLING, SALES PROMOTION, DIRECT MARKETING TERHADAP VOLUME PENJUALAN UD SINAR ABADI BLITAR

Meilani Dwi Astuti

Abstract


Kata Kunci :  advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, penjualan

Salah  satu  upaya  suatu  produk  yang  dihasilkan  dapat  diterima  konsumen  adalah  dengan melaksanakan  promosi  secara  tepat  dan  terpadu  sesuai  dengan  situasi  dan  kondisi  perusahaan. Hal  ini  dapat  dilakukan  dengan  berbagai  cara  seperti:  Advertising,  personal  selling,  sales promotion, dan, direct Marketing.

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh  advertising, personal selling, sales promotion,  direct  marketing  terhadap  volume  penjualan  baik  secara  simultan  maupun  partial. Penelitian  menggunakan   regresi  berganda  dengan  hasil  koefisiennya  adalah  model  regresi berdasarkan  hasil  analisis  di  atas  adalah  :  Y  =  39.820.000  +  5,810X1  +  1,173X2  +  0,832X3  + 7,195X4.

Kesimpulan  dari  nilai  koefisien  determinasi  (Adjusted  R  Square)  sebesar  0,961.  Artinya Advertising,  Sales  Promotion,  Personal  Selling,  Direct  Marketing  mempengaruhi   volume Penjualan  sebesar  96,1%  sedang  sisanya  yaitu  0,9%  dipengaruhi  oleh  variabel  lain  atau  diluar variabel  bebas  yang  tidak  diteliti  dalam  penelitian  ini.  Apabila  dilihat  dari  prosentase  pada koefisien  determinasi  ini  menunjukkan  bahwa  sangat  besar  dan  sangat  berhubungan  sekali keempat  variabel  dalam  mempengaruhi  volume  penjualan.  Hasil  penelitian  besarnya  t  hitung sebesar 3,556. Nilai ini lebih besar dari t tabel 2,064 (3,556 > 2,064) ini menunjukkan bahwa Ho ditolak/Ha diterima. Artinya : Terdapat pengaruh advertising terhadap volume penjualan pada UD Sinar  Abadi Blitar. Hasil penelitian  besarnya t hitung sebesar 4,669. Nilai  ini  lebih  besar dari t tabel 2,064 (4,669 > 2,064) ini menunjukkan bahwa Ho ditolak/Ha diterima. Artinya : Terdapat pengaruh  personal  selling  terhadap  volume  penjualan  pada  UD  Sinar  Abadi  Blitar.   Hasil penelitian besarnya t hitung sebesar 6,413. Nilai ini lebih besar dari t tabel 2,064 (6,413 > 2,064) ini  menunjukkan  bahwa  Ho  ditolak/Ha  diterima.  Artinya  :   Terdapat  pengaruh  sales  promotion terhadap volume penjualan pada UD Sinar Abadi Blitar. Hasil penelitian besarnya t hitung sebesar 3,448.  Nilai  ini  lebih  besar  dari  t  tabel  2,064  (3,448  >  2,064)   ini  menunjukkan  bahwa  Ho ditolak/Ha  diterima.  Artinya  :   Terdapat  pengaruh  direct  marketing  terhadap  volume  penjualan pada UD Sinar Abadi Blitar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.