PENGARUH BIAYA PRODUKSI, KEGAGALAN EKSTERNAL DAN KEGAGALAN INTERNAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN

Mahathir Muhammad

Abstract


Kata kunci : Biaya Produksi, Kegagalan Eksternal, Kegagalan Internal, Volume Penjualan.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  biaya  produksi,  kegagalan  eksternal  dan kegagalan internal terhadap volume penjualan kakao kering di UD GuyubSantoso.

Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  data  keuangan  yang  terdiri  dari  data  biaya  produksi,  data kegagalan  eksternal  dan  data  kegagalan  internal  serta  data  volume  penjualan  coklat  kakao UD.GuyupSantoso.  Sedangkan  sampel  yang  diambil  dalam  penelitian  ini  di  fokuskan  pada  data biaya produksi, data kegagalan eksternal dan kegagalan internal serta volume penjualan. Metode yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  kuantitatif.  Teknis  analisis  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil analisis dengan regresi linier berganda menggunakan program SPPSS 16. Dari analisa data yang  dilakukan  peneliti  maka  diperoleh  persamaan  regresi  Y  =  1.2280000000+  0,910  (X1)  -4.179(X2)   -  1.694  (X3),  dimana  dalam  uji  parsial  didapatkan  hasil  t  hitung  variabel  biaya produksi  16.464 dengan taraf signifikansi 0.000<0,05 t hitung variabel kegagalan eksternal (X2)  -2.959dengan taraf signifikansi 0,006<0,05 t hitung variabel kegagalan internal (X3)  -2.462 dengan taraf signifikansi 0,019<0,05. Dari analisis diatas diperoleh  hasil bahwa variabel biaya produksi, kegagalan  eksternal  dan  kegagalan  internal  berpengaruh  secara  pasrsial  terhadap  volume penjualan.  Koefisien  determinasi  didapat  nilai  adjust  R  square  0.920  atau  92%  artinya  variable volume penjualan dapat diterangkan oleh ketiga variabel bebasnya 92% dan sisanya 8% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang ada.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah semakin tinggi biaya produksi maka volume penjualan  semakin  meningkat.  Sedangkan  variabel  kegagalan  eksternal  dan  kegagalan  internal memiliki  pengaruh  berbanding  terbalik  terhadap  volume  penjualan  artinya  semakin  menurun kegagalan eksternal dan kegagalan internal maka volume pejualan semakin meningkat, begitupun sebaliknya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.