ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA TRAVEL DUA PUTRA PERKASA BLITAR

Inkha Tyas Susandri

Abstract


Kata kunci : Strenghs, Weaknesses, Opportunities, Threats   dan Strategi Pemasaran

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan sesuatu yang  tengah  berlangsung  pada  saat  riset  dilakukan.  Analisis  SWOT  adalah  identifikasi  berbagai faktor  secara  sistematis  untuk  merumuskan  strategi  perusahaan.  Analisis  ini  didasarkan  pada logika  yang  dapat  memaksimalkan  kekuatan  (Strenghs)  dan  peluang  (Opportunities),  namun secara  bersamaan  dapat  meminimalkan  kelemahan  (Weaknesses)  dan  ancaman  (Threats) sedangkan  strategi  itu  adalah  prioritas  atau  arah  keseluruhan  yang  luas  yang  diambil  oleh organisasi:  strategi  adalah  pilihan-pilihan  tentang  bagaimana  cara  terbaik  untuk  mencapai  misi organisasi.  pemasaran  mencangkup  proses  sosial dan  manajerial dimana  individu dan kelompok mendapatkan  apa  yang  mereka  butuhkan  dan  inginkan  melalui  penciptaan,  penawaran,  dan pertukaran barang dan jasa yang bernilai satu sama lain.

Untuk  menghasilkan  sebuah  pemahaman  tentang  kondisi  suatu  perusahaan  maka  dibutuhkan adanya  analisis  SWOT.  Dengan  cara  menganalisis  faktor  internal  maupun  internal  yang selanjutnya  dapat  kita  masukkan  kedalam  matik  TOWS  yang  akan  memberikan  gambaran  jelas tentang kondisi perusahaan dan strategi pemasaran apakah   yang tepat untuk kondisi yang sedang dialami oleh suatu perusahaan.dalam hal ini CV. Dua Putra Perkasa adalah Hasil dari jumlah bobot EFE = Evaluasi Faktor Eksternal yaitu oportunity (peluang) 1,24 > dari pada treats (ancaman) 0,90 dan  jumlah  bobot  EFI  =    Evaluasi  Faktor  Internal  yaitu  strenghts  (kekuatan)  1,69  >  dari  pada weakness  (kelemahan)  0,54  menunjukkan  bahwa  perusahaan  berada  pada  kuadrat  satu  yaitu mendukung  strategi  agresif,  perusahaan  dapat  menerapkan  strategi  yang  berorientasi  pada pertumbuhan,  yaitu  setiap  kebijakan  perusahaan  berorientasi  pada  pertumbuhan  agresif  untuk memanfaatkan peluang-peluang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.