PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN ROKOK ROEKOEN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Ida Kusumawati

Abstract


Kata Kunci :  Strenght, Weakness, Opportunity, Threth

Strategi pemasaran merupakan pendekatan pokok yang akan digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang  telah  ditetapkan  lebih  dahulu,  didalamnya  tercantum  keputusankeputusan  pokok  mengenai  target  pasar, penempatan produk dipasar,  bauran pemasarn dan tingkat biaya pemasaran  yang diperlukan. Perusahaan  yang berhasil  selalu  berusaha  mengenali  pesaingnya  sebaik  mungkin  seperti  yang  dilakukannya  terhadap  para konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran rokok Roekoen di Nganjuk dalam meningkatkan penjualan.

Hasil  analisis diketahui IFE dan EFE, maka diperoleh  hasil perhitungan untuk menentukan strategi  yang akan dipakai oleh perusahaan. Dari tabel IFE diperoleh hasil bahwa S > W (1,70>0,72) hal ini menunjukkan bahwa kekuatan  perusahaan  lebih  besar  dari  pada  kelemahan  perusahaan.  Sedangkan  dari  hasil  tabel  EFE  diperoleh hasil  bahwa  O<T  (0,95<1,14)  hal  ini  menunjukkan  bahwa  ancaman  lebih  besar  daripada  kese mpatan.  Hasil pilihan  strategis  yang  ada  diperoleh  hasil  bahwa  S  dan  T   mempunyai  kelebihan  di  masing-masing  faktor, sehingga S berupa pelung sebesar 1,70 dan O berupa oppurtunity sebesar 1,14. Pada diagaram swot strategi S dan  T  terletak  pada  kuadran  II  yaitu  diversifikasi  strategi,  strategi  ini  menerapkan  kekuatan  yang  dimiliki perusahaan untuk menghadapi peluang yang ada.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.