PENGARUH PROMOSI DAN PELAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELAIN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA (Studi Pada CV. Roda Mas Motor Blitar)

Della Febrine Putri Satriana

Abstract


Kata Kunci: Promosi, Pelayanan Purna Jual dan Keputusan Pembelian

Seiring  dengan  perkembangan  jaman  dan  semakin  meningkatnya  persaingan industri sepeda motor di Indonesia, sehingga perusahaan otomotif terutama dibidang sepeda motor harus  dapat  menentukan  strategi  pemasaran  yang  tepat  agar  usahanya  dapat  bertahan  dan memenangi  persaingan.  Untuk  memperluas  pangsa  pasar,  maka  perusahaan  harus  mampu mengetahui apa yang dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan  konsumen  sebelum  membeli  suatu  produk.  Hal  ini  dapat  dipengaruhi  oleh  faktor promosi yang kurang efektif, dan layanan purna jual yang kurang memberikan kepuasan kepada pelanggan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan layanan purna jual terhadap  keputusan  pembelian  sepeda  motor  merek  Yamaha  d i  CV.  Roda  Mas  Motor  Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen  CV.  Roda  Mas  Motor.  Sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  100  konsumen  CV.  Roda Mas  Motor  yang  diambil  secara  accidental  sampling.  Pengumpulan  datanya  dilakukan  dengan menggunakan kuesioner.

Berdasarkan  hasil  analisis  regresi  nampak  bahwa  promosi  dan  pelayanan  purna  jual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di CV. Roda Mas Motor Blitar. Hal ini bias dilihat dari hasil perhitungan pada tabel 4.9 diperoleh 144,754 >  f-tabel 3,15 sehingga dapat disimpulkan bahwa  hipotesis Ha3  yang berbunyi: diduga ada pengaruh secara bersama-sama antara promosi dan pelayanan purna jual terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di Cv. Roda Mas Motor Blitar.

Dari  hasil  olahan  data  regresi  maka  diperoleh  hasil  bahwa  bahwa  variabel  yang  paling domiman  mempengaruhi  keputusan  pembelian  sepeda  motor  merek  Yamaha  di  CV.  Roda  mas Motor  Blitar  adalah  promosi,  hal  ini  dikarenakan  untuk  variabel  promosi  mempunyai  nilai koefisien  regresi  0,730  dan  nilai  t-hitung  10,553  jika  dibandingkan  dengan  variabel  pelayanan purna jual nilai koefisien regresi 0,338 dan t-hitung 4,190.

Nilai  adjusted  R2 yang diberikan promosi dan pelayanan purna jual terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di CV. Roda Mas Motor Blitar sebesar 74,9% dan sisanya sebesar 25,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.