PENGARUH IDENTITY DESIGN, BRAND TRUST, BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PADA ROYYAN COLLECTION TUBAN

Ayu Sugiarti

Abstract


Kata Kunci :  identity design, brand trust, brand image dan minat beli

Kepercayaan  terhadap  merek  adalah  kemauan  konsumen  mempercayai  merek  dengan  segala resikonya karena adanya harapan yang dijanjikan oleh merek dalam memberikan hasil yang positif bagi  konsumen.  Kepercayaan akan  merek dan citra  merek  yang dimiliki oleh perusahaan dapat menarik  minat konsumen dalam  melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian  ini adalah:  Untuk mengetahui  pengaruh  identity  design,  brand  trust,  brand  image   terhadap  minat  beli  secara simultan;  Untuk  mengetahui  pengaruh  identity  design,  brand  trust,  brand  image  terhadap  minat beli  secara  parsial;  Untuk  mengetahui  variabel  manakah  yang  paling  dominan  antara  identity design, brand trust, brand image terhadap minat beli.

Hasil penelitian dengan menggunakan multiple regresion diketahui bahwa nilai ini  lebih besar dari F tabel 2,76 (16,306 > 2,71), ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Artinya : Terdapat pengaruh Identity Design, Brand Trust, dan Brand Image terhadap Minat Beli secara simultan pada batik Royyan Collection. Uji hipotesis partial besarnya  t hitung sebesar 2,,317. Nilai ini lebih besar dari t tabel 2,000 (2,317 > 2,000) ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Artinya : Terdapat pengaruh identity design terhadap minat beli pada batik Royyan Collection.  Uji hipotesis partial besarnya t hitung  sebesar  2,131.  Nilai  ini  lebih  besar  dari  t  tabel  2,000  (2,131  >  2,000)   ini  menunjukkan bahwa  Ha  diterima.  Artinya  :   Terdapat  pengaruh  brand  trust  terhadap  minat  beli  pada  batik Royyan Collection. Uji hipotesis partial besarnya t hitung sebesar 2,729. Nila i ini lebih besar dari t tabel 2,000 (2,729 > 2,000) ini  menunjukkan  bahwa Ha diterima.  Artinya : Terdapat pengaruh brand image terhadap minat beli pada batik Royyan Collection.

Kesimpulan pengolahan data dengan  menggunakan regresi  berganda, antara variabel  independen dan variabel dependen. Variabel bebas pada regresi ini adalah Identity Design, Brand Trust, Brand Image dengan  variabel terikatnya adalah  Minat Beli. Model regresi  berdasarkan  hasil  analisis di atas adalah : Y= 2,418 + 0,219X1 + 0,290X2 + 0,325X3

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.