PENYUSUNAN ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI DASAR PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN JUMLAH PRODUKSI PADA UD.AZAFOOD WLINGI BLITAR

Arik Lailatul Mahmudah

Abstract


Perusahaan sebagai organisasi dengan tujuan memperoleh keuntungan dan harus siap bersaing dengan perusahaan lain. Dengan melihat permasalahan pada UD.Azafood Wlingi Blitar tidak adanya penyusunan anggaran penjualan dan anggaran produksi untuk merencanakan dan mengendalikan proses produksinya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun anggaran penjualan, serta cara perencanaan dan pengendalian jumlah produksi yang tepat bagi UD.Azafood Wlingi Blitar. Data dalam penelitian ini tahun 2010 sampai 2014. Penelitian ini menggunakan teknik forecasting  dengan analisis trend menggunakan metode kuadrat terkecil (least square method). Dari hasil analis trend menggunakan metode least square didapatkan hasil persamaan Y=201.361+(-4951)X, peramalan penjualan tahun 2015 sebesar 186.508 unit, anggaran penjualan Rp.2.328.570.850, anggaran produksi 186.296 unit, kebutuhan bahan baku kedelai 112.227 ons dan gula merah 635.626 ons, pembelian bahan baku kedelai Rp.102.696.542 dan gula merah Rp.777.901.405, persediaan awal kedelai Rp.34.858.020 dan gula merah Rp.283.339.325, persediaan akhir  kedelai Rp.8.538.020 dan gula merah Rp.71.233.325, biaya bahan baku yang habis digunakan kedelai Rp.105.492.948 dan gula merah Rp.842.204.980. Sesuai dengan peramalan dan anggaran penjualan yang telah direncanakan dapat diketahui secara pasti perencanaan dan pengendalian jumlah produksi pada UD.Azafood  Wlingi Blitar tahun 2015.

 

Kata Kunci :  Anggaran Penjualan, Perencanaan Produksi dan Pengendalian Produksi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.