ANALISIS PERHITUNGAN BEBAN POKOK PRODUKSI DENGAN METODE VARIABLE COSTING SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA PR. ALAINA TULUNGAGUNG

Erma Nurfitasari, Siti Sunrowiyati

Abstract


Penelitianini merupakan studi kasus pada PR. Alaina Tulungagung dengan judul “Analisis Perhitungan Beban Pokok Produksi dengan Metode Variable Costing Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada PR. Alaina Tulungagung”

Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan beban pokok produksi dengan menggunakan metode variable costing maupun full costing untuk menentukan perencanaan laba. Selain itu juga memberikan masukan kepada manajemen perusahaan tentang adanya perbedaan dalam perhitungan beban pokok produksi dengan menggunakan variable costing dan full costing. Teknik analisa data yang digunakan adalah mengklasifikasikan biaya berdasarkan biaya tetap dan biaya variabel. Untuk biaya semi variabel penulis menggunakan least square method setelah itu memasukkannya ke dalam laporan beban pokok produksi dan laporan laba rugi dengan menggunakan metodev ariable costing. Dengan menggunakan metode variable costing beban pokok produksi menjadi lebih rendah sehingga ketika masuk pada laporan laba rugi laba yang dihasilkan lebih besar karena hanya biaya – biaya yang berhubungan langsung dengan unit produksi saja yang dimasukkan ke dalam beban pokok produksi. Tahun 2014 dengan metode full costing sebesar Rp. 1.014.001.249 dan variable costing sebesar Rp. 1.738.648.029 selisih sebesar Rp. 724.646.708. Dengan adanya perbedaan laba ini perusahaan bisa mengurangi laba sehingga perusahaan bisa menekan harga dan mampu menarik konsumen yang lebih banyak sehingga dapat meningkatkan penjualan perusahaan.

 

Kata kunci : Beban Pokok Produksi, Variable Costing, Perencanaan Laba


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.