ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PADA PIUTANG USAHA DI UD SATWA UNGGUL

Ike Nurul Windiyah, Iwan Setya Putra

Abstract


Perusahaan dagang yang melakukan penjualan secara kredit akan menimbulkan piutang usaha. Pengendalian internal terhadap piutang usaha yang baik sangat diperlukan untuk meningkatkan efektifitas perusahaan. UD Satwa Unggul memiliki pengendalian internal pada piutang usaha yang kurang baik karena sering terjadi piutang tak tertagih dan piutang melebihi jatuh tempo. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengendalian internal seperti apa yang seharusnya diterapkan oleh UD Satwa Unggul agar berjalan efektif dan efisien.

Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan alat pengumpulan data yaitu berupa observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa komponen pengendalian internal melalui kuesioner.

Ada beberapa komponen pengendalian internal pada UDSatwa Unggul yaitu: lingkungan pengendalian internal pada piutang usaha, penilaian resiko piutang usaha, sistem informasi dan komunikasi, pengawasan dan aktivitas pengendalian.

Berdasarkan hasil analisa penelitian dari keseluruhan jawaban kuesioner diperoleh total  90  jawaban “Ya” dari total 200 pertanyaan. Sehingga diperoleh presentase 45%  yang menunjukkan bahwa pengendalian internal pada UD Satwa Unggul masih kurang efektif. Beberapa kelemahan yang ditemukan pada pengendalian internal UD Satwa Unggul yaitu tidak adanya karyawan yang khusus menangani piutang, kurang ketat dalam analisa syarat-syarat pengajuan kredit, tidak adanya sanksi tegas kepada karyawan yang melanggar SOP.

 

Kata kunci: pengendalian internal, piutang usaha, piutang tak tertagih


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.