ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN CV. YOECOS BLITAR

Bambang Iswahyudi, Retno Murni Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan CV. Yoecos dari tahun 2009 sampai tahun 2013.

Di dalam metode penelitian, variabel penganalisisan laporan keuangan yang digunakan meliputi bahan dasar yaitu Neraca dan Laporan Laba Rugi serta alat berupa Rasio Keuangan yang meliputi rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas. Dan teknik analisa yang digunakan yaitu menggunakan perhitungn rumus-rumus rasio keuangan yang bersangkutan dengan penilaian kinerja keuangan perusahaan. Dan nilai rasio tersebut akan dibandingkan  dengan menggunakan metode perbandingan Time SeriesAnalysis.

Dari hasil penganalisisan didapatkan kesimpulan bahwa kinerja likuiditas perusahaan tergolong memuaskan, tetapi yang perlu diperhatikan yaitu dalam penilaian likuiditas menunjukkan masih banyak sisa aktiva lancar yang menganggur. Lalu untuk kinerja solvabilitas perusahaan dari tahun 2009 sampai 2013 masih aman dan hal ini perlu dipertahankan perusahaan, sedangkan untuk kinerja profitabilitas masih menunjukkan tingkat penghasilan laba yang tidak stabil dan belum maksimal, di sini perusahaan harus segera membenahinya karena jika tidak hal tersebut akan berdampak buruk bagi perusahaan. Dan yang terakhir kinerja rasio aktivitas masih menunjukkan bahwa kinerja ini masih tergolong lambat, dikarenakan dari jumlah modal atau aktiva tidak sebanding dengan penghasilan yang dihasilkan.

 

Kata Kunci : Analisis laporan keuangan, Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.