ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INOVASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN

Andrian Priatna, Sandi Eka Suprajang

Abstract


Inovasi adalah usaha yang terkelola dari suatu organisasi untuk mengembangkan produk atau jasa baru, atau kegunaan baru dari produk atau jasa yang ada. Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan di samping faktor yang lain seperti modal. Pemilihan waktu yang tepat untuk memasuki pasar merupakan salah satu factor penentu keberhasilan atau kegagalan inovasi produk baru. Penjualan adalah kegiatan pemasaran yang terdiri atas berbagai kegiatan yang digunakan untuk memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa kepada produsen dan konsumen.

Inovasi produk termasuk salah satu cara yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan nilai tambah bagiproduk yang dihasilkan. Dalam penerapan inovasi produk ada faktor yang mempengaruhi keberhasilannya yaitu kompetensi SDM yang ada dan timming inovasi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Berdasarkan hasil analisa data sebelumnya diketahui bahwa kompetensi SDM mempunyai berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan variabel x1sebesar 2,132 yang lebih besar dari t tabel. Kesimpulan atau keputusan sesuai gambar 4.5 yang diambil adalah menolak H0 atau menerima H1. F-hitung 6,422 > F-tabel = 3,34 berarti variabel X1 (Kompetensi SDM) dan X2 (Timming Inovasi) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Y (Volume Penjualan).Berdasarkan keseluruhan hasil analisa data yang sudah diolah, kompetensi SDM dan timming inovasi terbukti berpengaruh simultan terhadap volume penjualan.

Untuk meningkatkan volume penjualan perusahaan harus mampu mengadakan inovasi melalui karyawan dan mampu membaca waktu yang tepat. Manajemen perusahaan sebaiknya mampu meningkatkan kinerja karyawan sehingga mereka mampu memenuhi target penjualan. Bagi peneliti yang akan datang, semoga skripsi ini mampu menjadi referensi untuk penyusunan skripsi yang lebih baik dengan topik yang sama.

 

Kata kunci: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Timming Inovasi, Volume Penjualan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.