PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA AHASS 844 SIDOMAKMUR BLITAR)

Moh. Roby Luthfianta

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik produk baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan dan terhadap loyalitas pelanggan pada AHASS 844 Sido Makmur Blitar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 562 responden dan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus dari Taro Yamane yaitu sebesar 85 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Analisis Jalur  Hasil penelitian pada AHASS 844 Sido Makmur Blitar menunjukkan bahwa karakteristik produk berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan baik secara langsung maupun tidak langsung dan dari Hasil Penelitian model 1 pada AHASS 844 Sido Makmur Blitar terbukti bahwa Karakteristik Produk berpengaruh tidak langsung terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan yaitu Kontribusi Intangibility (X1), Inseparability (X2), Variability (X3), Perishability (X4) dan Kontribusi Kepuasan (Y) secara simultan yang mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Z) sebesar R2square = 0,710 = 71%. Sisanya sebesar 0,290 = 29% dipengaruhi faktor-faktor lain Karena koefisien path bertanda positif  mengindikasikan bahwa semakin tinggi karakteristik produk dan kepuasan pelanggan maka akan semakin tinggi pula loyalitas pelanggan dan Hasil Penelitian model 2 membuktikan bahwa Karakteristik Produk berpengaruh langsung terhadap Kepuasan Pelanggan yang datang ke Ahass 844 Sido Makmur Blitar yaitu Kontribusi Intangibility (X1), Inseparability (X2), Variability (X3), Perishability (X4) secara simultan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar R2square = 0,298 = 29,8%. Sisanya sebesar 0,702 = 70,2% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian seperti ikatan emosi, kepercayaan, kemudahan, pengalaman dengan perusahaan dan merek yang perlu dikaji oleh perusahaan agar perusahaan dapat menjadi lebih baik lagi.

 

Kata Kunci:Karakteristik Produk, Kepuasan, Loyalitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.