Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Mahasiswa Dengan E-Learning Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Dian Kusumaningtyas
  • Mar’atus Solikah Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51289/peta.v5i2.442

Keywords:

kompetensi dosen, motivasi, prestasi, e-learning

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap prestasi mahasiswa dengan metode e-learning sebagai variabel interveningnya. Penelitian ini bersifat diskriptif, populasinya adalah mahasiswa Prodi Akuntansi yang pernah melakukan perkuliahan secara online dan berjumlah 27 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner yang diberikan secara langsung ke mahasiswa. Teknik Analisa Data menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dosen berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi mahasiswa dengan e-learning sebagai variabel intervening, sedangkan motivasi mahasiswa tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi mahasiswa dengan e-learning sebagai variabel intervening.

References

Akiri, A.A., & Ugbourugbo, N.M. 2009. Theachers’ effetiveness and students’ Academic Performance in Public Secondary Shcools in Delta State, Nigeria. Studies on Home and Community science, 3(2), 107-113.

Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning, Canada : John Wiley & Sons.

Astuty, E. 2015. Implamantation Analysis of Lecture’s Pedagogical Competence on Student’s Academic Achievement. Journal of Management Research, 7 (2). 152

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Hendratomo, Grendi. 2008. Dilema dan Tantangan E-learning. Majalah Ilmiah Pembelajaran Vol.4 No.1. Mei 2008. ISSN 0216-7999

Ibrahim. 2014. Pengaruh Penggunaan E-learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2-No.1, 2014.

Juliane dkk .2015. Menjaga Motivasi Belajar Pada Electronic Learning Dengan Pendekatan Komputansi. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi). 6 Juni 2015. ISSN: 1907-5022. Yogyakarta

Mediawati, E. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap prestasi Belajar. Dinamika Pendidikan, 5 (2)

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Competence Based Human Resource management) Bogor. Ghalia Indonesia

Munir . 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasisi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Murti, Ridyantoro Widoyo dan Prasetio, Arif Partono. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan. ISSN 1412-565X. E-ISSN 2541-4135

Muzenda, A. 2013. Lecturers’ Competences and Student’ Academic Performance. International Journal of Humanities and Social Science Invention. ISSN Online 2319-7722

Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. https://ristekdikti.go.id.

Simamora, B. 2014. Pengaruh Disiplin dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Program Studi Penerbitan. Jurnal Publipreneur, 2(4). 98-113.

Taslim, dafwen Toresa, Syahtriatna. 2017. Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus : Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). Jurnal Inovtek Polbeng- Seri Informatika, Vol 2, No.2. November 2017. ISSN: 2527-9866

Published

30-07-2020

How to Cite

Kusumaningtyas, D. and Solikah, M. . (2020) “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Mahasiswa Dengan E-Learning Sebagai Variabel Intervening”, Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA). Blitar, Indonesia, 5(2), pp. 1–16. doi: 10.51289/peta.v5i2.442.

Issue

Section

Articles