Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Mahasiswa Dengan E-Learning Sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.51289/peta.v5i2.442Keywords:
kompetensi dosen, motivasi, prestasi, e-learningAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap prestasi mahasiswa dengan metode e-learning sebagai variabel interveningnya. Penelitian ini bersifat diskriptif, populasinya adalah mahasiswa Prodi Akuntansi yang pernah melakukan perkuliahan secara online dan berjumlah 27 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner yang diberikan secara langsung ke mahasiswa. Teknik Analisa Data menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dosen berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi mahasiswa dengan e-learning sebagai variabel intervening, sedangkan motivasi mahasiswa tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi mahasiswa dengan e-learning sebagai variabel intervening.
References
Akiri, A.A., & Ugbourugbo, N.M. 2009. Theachers’ effetiveness and students’ Academic Performance in Public Secondary Shcools in Delta State, Nigeria. Studies on Home and Community science, 3(2), 107-113.
Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning, Canada : John Wiley & Sons.
Astuty, E. 2015. Implamantation Analysis of Lecture’s Pedagogical Competence on Student’s Academic Achievement. Journal of Management Research, 7 (2). 152
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Hendratomo, Grendi. 2008. Dilema dan Tantangan E-learning. Majalah Ilmiah Pembelajaran Vol.4 No.1. Mei 2008. ISSN 0216-7999
Ibrahim. 2014. Pengaruh Penggunaan E-learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2-No.1, 2014.
Juliane dkk .2015. Menjaga Motivasi Belajar Pada Electronic Learning Dengan Pendekatan Komputansi. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi). 6 Juni 2015. ISSN: 1907-5022. Yogyakarta
Mediawati, E. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap prestasi Belajar. Dinamika Pendidikan, 5 (2)
Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Competence Based Human Resource management) Bogor. Ghalia Indonesia
Munir . 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasisi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Murti, Ridyantoro Widoyo dan Prasetio, Arif Partono. 2018. Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan. ISSN 1412-565X. E-ISSN 2541-4135
Muzenda, A. 2013. Lecturers’ Competences and Student’ Academic Performance. International Journal of Humanities and Social Science Invention. ISSN Online 2319-7722
Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. https://ristekdikti.go.id.
Simamora, B. 2014. Pengaruh Disiplin dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Program Studi Penerbitan. Jurnal Publipreneur, 2(4). 98-113.
Taslim, dafwen Toresa, Syahtriatna. 2017. Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus : Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). Jurnal Inovtek Polbeng- Seri Informatika, Vol 2, No.2. November 2017. ISSN: 2527-9866
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Dian Kusumaningtyas, Mar’atus Solikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)