Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Perusahaan Yang Termasuk Dalam IDX High Dividend 20 Periode 2019

Authors

  • Yuwanda Vintia Devi STIE Kesuma Negara Blitar
  • Iwan Setya Putra STIE Kesuma Negara Blitar

Keywords:

abnormal return, reaksi pasar, volume perdagangan saham, pengumuman pembagian dividen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya reaksi pasar terhadap pengumuman pembagian dividen perusahaan. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan studi peristiwa (event study) terhadap perusahaan indeks IDX High Dividen 20 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat sampel sebanyak 6 perusahaan indeks IDX High Dividen 20  yang memenuhi kriteria pengujian. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pencatatan langsung terhadap data yang sudah dipublikasikan. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji paired sample t-test atau uji T dengan membandingkan rata-rata data yang diteliti. Hasil analisis dan pembahasan mengenai reaksi pasar terhadap pengumuman pembagian dividen perusahaan dengan menggunakan dua metode yaitu trading volume activity diperoleh nilai signifikasi 0,275, sehingga dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan signifikasi rata-rata trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman pembagian dividen perusahaan periode 2019. Perhitungan menggunakan metode abnormal return diperoleh nilai signifikasi 0,397, sehingga dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan signifikasi rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman pembagian dividen perusahaan periode 2019. Penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat reaksi pasar terhadap adanya pengumuman pembagian dividen perusahaan.

References

Anindhita, Galih. 2010. Analisis Reaksi Pasar atas Pengumuman Dividen Sebelum dan Sesudah Ex–Dividend Date (Studi Kasus pada Kelompok Cash Dividend Final Naik dan Turun Pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di BEJ Tahun 2004-2006). Skripsi Program Studi Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.

Berita Keuangan. (Online), tersedia : yahoo.finance, di akses 2020.

Gumanti, Tatang Ary, Moeljadi dan Elok Sri Utami. 2018. Metode Penelitian Keuangan. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Hartono. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh. BPFE. Yogyakarta.

Jogiyanto, Hartanto. 2005. “Pasar Efisiensi secara Keputusan”. PT Gramedia. Pustaka Utama. Jakarta.

_____,2015.“Teori Portofolio dan Analisis Investasi”.Edisi Kesepuluh. BPFE. Yogyakarta.

Khoiruddin, Mohammad. 2014. Reaksi Pasar Terhadap Dividend Announcement Perusahann Yang Sahamnya Masuk Daftar Efek Syariah. JDM unnes. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Kurnianingsih, H. 2011. Analisis Reaksi Pasar terhadap Pengumuman Dividen pada Perusahaan Manufaktur (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Graduasi. 25: 61-67.

Laporan Tahunan. (Online), tersedia : www.idx.co.id, di unduh 2019.

Mirdah, Andi dan Agus Solikhin. 2009. Analisis Dampak Pengumuman Dividen Terhadap Reaksi Pasar. Jurnal Penelitian ISSN. Universitas Jambi. Jambi.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Konsep & Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Penerbit :Erlangga. Jakarta.

Sunur, Irene. (2006). “Pengaruh Peristiwa Pergantian Presiden Republik Indonesia terhadap Return dan Trading Volume Activity: Event Study pada Tanggal 20 September-20 Oktober 2004”. Skripsi. STIE Perbanas. Surabaya.

Wahyuni, Putu Ayu Sri dan I Made Sukartha. 2011. “Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Perusahaan Yang Termasuk Kategori LQ 45”. Jurnal Penelitian. Universitas Udayana. Bali

Published

30-07-2020

Issue

Section

Articles