Pengaruh DPK, NPL, CAR, dan LDR Terhadap Penyaluran Kredit (Studi Kasus Pada Bank yang Terdaftar di Indeks LQ45 Tahun 2014-2018)

Authors

  • Akhmad Imam Amrozi
  • Endang Sulistyorini Universitas Islam Lamongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap penyaluran kredit secara parsial dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap penyaluran kredit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian yaitu 5 bank yang terdaftar di Indeks LQ45 tahun 2014-2018. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji t dengan bantuan program SPSS 20. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa, variabel yang berpengaruh terhadap penyaluran kredit yaitu Dana Pihak Ketiga dan Loan to Deposit Ratio. Variabel yang tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit yaitu Non Performing Loan dan Capital Adequacy Ratio. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Penyaluran Kredit yaitu Dana Pihak Ketiga.

Kata Kunci : Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Penyaluran Kredit

Published

30-01-2020