Pengaruh CSR, ROI, ROE Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Agus Setyo Utomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wijaya Mulya Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR terhadap Harga Saham, menganalisis pengaruh ROI terhadap Harga SahamĀ  dan menganalisis pengaruh ROE terhadap Harga Saham. Desain penelitian adalah desain penelitian kausalitas. Jumlah sampel dalam penelitian in sebanyak 33 perusahaan consumer good. Teknik analisis menggunakan analisis analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap harga saham, hal ini mengindikasikan bahwa besar kecilnya CSR tidak berdampak langsung pada harga saham. Pada umumnya, investor di Indonesia lebih cenderung untuk membeli saham untuk memperoleh capital gain, yang cenderung membeli dan menjual saham secara harian (daily trader), dengan memperhatikan keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. ROI berpengaruh signifikan terhadap harga saham, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi ROI, maka investor yang ada di bursa telah mempertimbangkan informasi laba dalam menentukan harga saham yang akan dibeli atau dijual. ROE berpengaruh signifikan terhadap harga saham, hal ini menunjukkan bahwa dengan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan atas modal sendiri yang dimiliki maka perusahaan dapat secara maksimal memberikan jaminan atas investasi yang telah dilakukan.
Published
25-05-2019
Section
Articles