Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran <p>Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) merupakan terbitan berkala ilmiah yang memuat artikel-artikel penelitian oleh para praktisi dan akademisi di bidang Manajemen. Diterbitkan oleh Jurusan Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar dan terbit dua kali dalam satu tahun.</p> <table border="0" width="100%" cellspacing="2" cellpadding="2"> <tbody> <tr> <td valign="top" nowrap="nowrap" width="5%"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">Penerbit</span></td> <td valign="top" nowrap="nowrap" width="1"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">:</span></td> <td align="justify" valign="top"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar</span></td> </tr> <tr> <td valign="top" nowrap="nowrap" width="5%"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">Frekwensi terbitan</span></td> <td valign="top" nowrap="nowrap" width="1"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">:</span></td> <td valign="top" nowrap="nowrap"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">6 bulanan </span></td> </tr> <tr> <td valign="top" nowrap="nowrap" width="5%"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">Nomor ISSN</span></td> <td valign="top" nowrap="nowrap" width="1"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">:</span></td> <td valign="top" nowrap="nowrap"><a href="http://u.lipi.go.id/1487652011" target="_blank" rel="noopener"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">2549-9289 (media online)</span></a></td> </tr> <tr> <td valign="top" nowrap="nowrap" width="5%"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">Keterangan</span></td> <td valign="top" nowrap="nowrap" width="1"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">:</span></td> <td valign="top"><span style="font-family: helvetica; font-size: small;">» Kategori manajemen<br />» SK no. 0005.25499289/JI.3.1/SK.ISSN/2017.03 - 15 Maret 2017 (mulai edisi Vol. 1, No. 2, Juni 2017)</span></td> </tr> </tbody> </table> en-US tanto@stieken.ac.id (Tanto Askriyandoko Putro) tanto@stieken.ac.id (Tanto Askriyandoko Putro) Tue, 30 Jun 2020 15:51:29 +0700 OJS 3.2.0.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS LOKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UKM AISA COOKIES BLITAR http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/459 <p><em>Penelitian ini dilakukan di UKM Aisa Cookies Blitar. Penelitian ini terdiri dari variabel lokasi, kualitas produk, dan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh lokasi dan kualitas produk secara simultan terhadap minat beli konsumen pada UKM Aisa Cookies Blitar. Latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan masalah lokasi usaha yang sulit dijangkau serta tidak setabilnya harga bahan baku kue kering yang berdampak pada produksi kue kering. Pengambilan data menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier berganda dengan pendekatan statistik yang dilakukan melalui program SPSS versi 16. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 4,201 dari nilai t table 1,660, artinya ada pengaruh lokasi terhadap minat beli. Lokasi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli secara simultan dengan nilai f hitung sebesar 138,407 lebih besar dari f tabel 3,10 dengan nilai probabilitas 0. R Square pada analisis regresi sebesar 74,1% dan sisanya 23,9%&nbsp; dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kesimpulan dari skripsi ini yaitu lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada UKM Aisa Cookies, kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada UKM Aisa Cookies, serta lokasi dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada UKM Aisa Cookies. </em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong><em> lokasi, kualitas produk, minat beli</em></p> Dewi Laila Masrurin, Shara Merry Palupi Copyright (c) 2020 Dewi Laila Masrurin, Shara Merry Palupi https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/459 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700 PENGARUH FDR DAN BOPO TERHADAP PROFITABILITAS BMT UGT SIDOGIRI CAPEM SUKOREJO BLITAR http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/460 <p><em>BMT UGT Sidogiri merupakan salah satu lembaga keuangan yang dilakukan dengan akad yang memiliki konsekuensi duniawi dan ukhrawi, karena akad dilakukan berdasarkan hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh FDR dan BOPO terhadap profitabilitas.</em></p> <p><em>Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh FDR dan BOPO terhadap profitabilitas. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji T dan F. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengujian instrumen menggunakan uji asumsi klasik.</em></p> <p><em>Berdasarkan hasil pengujian koefisien regresi secara simultan (uji F) didapatkan nilai Fhitung adalah sebesar F hitung 24.832 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000lebih kecil dari 0,05, dan degree of freedom pada angka 2 dan 33. Penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa profitabilitas BMT akan meningkat apabila FDR dan BOPO juga meningkat. Hasil pengujian koefisien regresi secara parsial didapatkan FDR sebesar 3.340 dengan signifikansi sebesar 0.002 yang artinya bahwa FDR secara parsial berdampak nyata pada kenaikan profitabilitas. Sedangkan nilai t-hitung pada variabel BOPO sebesar 2.853 dengan signifikansi sebesar 0.007 yang artinya bahwa BOPO secara parsial berdampak nyata pada kenaikan profitabilitas.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong><em> FDR, BOPO, Profitabilitas</em></p> Liffaturrohmah Liffaturrohmah , Tetty Widiyastuti Copyright (c) 2020 Liffaturrohmah Liffaturrohmah , Tetty Widiyastuti https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/460 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700 ANALISIS PHYSICAL EVIDENCE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN : STUDI KASUS PADA WISATA ALAM SUMBERASRI (WISATA BUKIT TELETUBBIES) KABUPATEN BLITAR http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/461 <p><em>Wonderful Indonesia</em> <em>merupakan sl</em><em>ogan </em><em>Pariwisata Indonesi</em><em>a</em><em>. Sektor ini adalah sektor yang unik dan </em><em>menarik</em><em> untuk dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisapengaruh physical evidence dan promosi terhadap keputusan berkunjungwisatawan pada Wisata Alam Sumberasri (Wisata Bukit Teletubbies) Kabupaten Blitar. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh wisatawan Wisata Alam Sumberasri tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100responden dengan menggunakan metode purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa Hasil uji T diketahui nilai t<sub>hitung</sub>= 5.293 dan 10.857 dengan tingkat signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa H<sub>0</sub> ditolak Ha diterima. Hasil uji F adalah F<sub>hitung </sub>sebesar 178.177 dengan signifikansi 0,000 yang berarti terdapat pengaruh physical evidence dan promosi secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan berkunjung. Hasil Uji determinasi menunjukkan nilai adjust r square 0.782 yang berarti bahwa physical evidence dan promosi secara simultan terhadap keputusan berkunjung adalah sebesar 78.2 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel independen lainnya sebesar 21.8 %. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik physical evidence dan semakin baik promosi dari Wisata Alam Sumberasri (Wisata Bukit Teletubbies) Kabupaten Blitar, maka semakin tinggi pula tingkat keputusan berkunjung wisatawan.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong><em> Physical Evidence, Promosi, Keputusan Berkunjung Wisatawan</em></p> Khairunnisa Umi Azizah, Sandi Eka Suprajang Copyright (c) 2020 Khairunnisa Umi Azizah, Sandi Eka Suprajang https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/461 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700 DAMPAK PERUBAHAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK MASA PANDEMI COVID-19 BAGI KARYAWAN TOSERBA BAROKAH KOTA KEDIRI http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/462 <p><em>Pandemi global karena Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) menuntut banyak perubahan yang harus dilakukan, salah satunya adalah perubahan pada lingkungan kerja non fisik seperti yang dilakukan pada toserba Barokah Kota Kediri. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak perubahan kebijakan terkait lingkungan kerja non fisik pada toserba Barokah Kota Kediri bagi karyawan?, bagaimana perubahan tersebut berdampak pada kinerja dan kepuasan kerja karyawan?. Untuk menjawab masalah tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi kasus. Data diambil dengan teknik wawancara pada tiga informan yaitu karyawan pelayanan toserba Barokah Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan lingkungan non fisik di toserba Barokah Kota Kediri berdampak negatif dan positif. Dampak negatif adalah keluhan atas beban kerja, sedangkan dampak positif yakni pekerjaan yang lebih fokus, lebih perhatian pada kesehatan diri sendiri maupun orang lain, lebih terbiasa hidup bersih dan sehat, peningkatan kemampuan, ketrampilan kerja, komitmen dan motivasi karyawan, serta kepuasan karyawan atas pekerjaan dan rekan kerja. </em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong><em> Lingkungan Kerja Non Fisik, Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja</em></p> Restin Meilina, Rino Sardanto Copyright (c) 2020 Restin Meilina, Rino Sardanto https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/462 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700 URGENSI KOMUNIKASI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI DI ERA PANDEMI COVID-19 http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/463 <p><em>Kebiasaan individu dalam berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain dengan bertemu fisik tidak lagi menjadi prioritas ketika terjadinya wabah atau pandemi covid-19 saat ini. Sebagian besar masyarakat era sekarang memanfaatkan dunia komunikasi dengan semena-mena dan tidak memikirkan akibat dari publikasi sebuah informasi, maraknya kasus pembulian atau merendahkan orang lain daripada menguatkan mental satu sama lain. Padahal, dengan adanya berbagai kemudahan dalam berkomunikasi saat ini, diharapkan dapat memudahkan seorang individu untuk memotivasi orang lain. Studi literatur (literature review) dilakukan dengan pencarian dan merangkum beberapa literatur empiris yang sesuai dan relevan dengan tema. Penggunaan kriteria inklusi dan eksklusi terhadap seluruh literatur merupakan metode penyeleksiannya. Disimpulkan, komunikasi terbukti memiliki dampak positif yang mampu meningkatkan motivasi seseorang. Oleh karena itu, dalam hal komunikasi seseorang dibutuhkan kecermatan, keterampilan dan kehati-hatian sehingga motivasi yang terbentuk sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Sebaiknya seorang individu membekali diri sendiri dengan keterampilan penyampaian dan penerimaan informasi yang baik terlebih dahulu daripada hanya viral di dunia maya serta memikirkan dampak dari komunikasi yang diterapkan. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai sejauh mana komunikasi digital berdampak terhadap motivasi seseorang.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci:</em></strong><em> komunikasi, motivasi, covid-19</em></p> Basthoumi Muslih Copyright (c) 2020 Basthoumi Muslih https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/463 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700 STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA UD SUMBER ABADI KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/464 <p><em>UD Sumber Abadi, Pabrik Gula merah terletak di Desa Plosorejo RT 04 RW 09, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, berdiri sejak tahun 2005. Bergerak di bidang pembuatan Gula Merah dari tebu dan dipasarkan di area Kabupaten Blitar. Sejak saat awal berdiri usaha ini mampu meraih keuntungan cukup tinggi karena volume pendapatan usaha mereka bagus. Namun sejak tahun 2009 mulai berdiri pesaing usaha di daerahnya, sehingga membuat volume pendapatan usaha menurun setiap tahun dan sulit untuk meningkat lagi. Mengacu pada pemasaran yang kurang berhasil dengan melihat pada pendapatan yang semakin menurun, maka perlu untuk dirumuskan ulang strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi saat ini. UD Sumber Abadi selama ini belum menerapkan strategi pemasaran, yang dilakukan hanya menjual produk ke pasar tanpa adanya perencanaan strategi apa yang sesuai dengan perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran UD Sumber Abadi Kademangan Blitar guna meningkatkan pendapatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.</em></p> <p><em>Hasil analisis IFAS diperoleh hasil perhitungan bahwa S &gt; W menunjukkan bahwa kekuatan perusahaan lebih besar dari pada kelemahan perusahaan. Hasil analisis EFAS diperoleh hasil perhitungan bahwa untuk O &lt; T menunjukkan bahwa ancaman lebih besar daripada kesempatan. Hasil analisis strategis diperoleh hasil S mempunyai kekuatan dan T ancaman sehingga strategi S dan T terletak pada kuadran II, strategi ini dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk menghadapi ancaman yang ada yaitu dengan menggunakan strategi Diversifikasi Strategi.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong><em> strategi, pemasaran, pendapatan</em></p> Eva Septia, Samsul Anam Copyright (c) 2020 Eva Septia, Samsul Anam https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/464 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700 PENGARUH STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOKO BANGUNAN UD TRIPUTRA SELARAS http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/465 <p><em>Bisnis material bahan bangunan semakin berkembang seiring dengan berkembangnya industri properti. Semakin banyaknya pembangunan rumah, gedung-gedung, serta renovasi bangunan lainya, menyebabkan semakin banyak keperluan bahan material banguan yang dibutuhkan. Toko Bangunan UD Triputra Selaras harus dapat mengetahui apa saja cara untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen serta lebih mementingkan apa saja yang konsurnen butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian. Pengambilan sampel pada penelitian ini sebanyak 200 responden. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunankan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Kiasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedasitisitas, Uji Autokorelasi, Uji Liniearitas), Uji Hipotesis (Uji t, Uji f). Uji t menunjukan variabel exterior, general interior, store layout, interior displays terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel keputusan pembelian. Kemudian pada pengujian menggunkan Uji f bahwa pada variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen. Hal ini menunjukan bahwa seharusnya perusahaan lebih meningkatkan store atmosphere pada toko serta dapat menghasilkan keputusan pembelian konsumen serta mampu meningkatkan citra pada toko bangunan. </em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong><em> Store Atmosphere, Keputusan Pembelian</em></p> Yuanita Savira, Tanto Askriyandoko Putro Copyright (c) 2020 Yuanita Savira, Tanto Askriyandoko Putro https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/465 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700 MEMBANGUN BUDAYA INOVASI : MEMPERTAHANKAN POTENSI BANK PERKREDITAN RAKYAT DI INDONESIA DI TENGAH PERSAINGAN DENGAN FINTECH DAN KREDIT USAHA KECIL DARI BANK UMUM http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/466 <p><em>Persaingan BPR dengan bank umum seakan tiada hentinya. Bahkan saat ini pemerintah seakan lebih memihak kepada bank umum salah satunya dengan mendorong pertumbuhan Kredit usaha rakyat (KUR) melalui bank umum milik pemerintah.kredit mikro tersebut menyasar pada masyarakat yang seharusnya dilayani oleh BPR, ini artinya terjadi persaingan yang tidak seimbang. Namun disisi lain BPR terap harus bertahan karena didalamnya terdapat jutaan karyawan yang bekerja di BPR. Belum lai hadirnya fintech (financial technology) seperti pembayaran online, pinjaman online, belanja online dan sebagainya membuat masyarakat semakin jarang dating ke bank untuk melakukan transaksi langsung. Padahal BPR umumnya masih menggunakan cara klasik yaitu dengan cara nasabah dating ke kantor untuk melakukan pembayaran atau transaksi. Kondisi seperti ini mengakibatkan jumlah nasabah di BPR mengalami penurunan jika di petakkan maha BPR ini mau melangkah ke segmen mana juga masih bingung, jika ke segmen atas maka tidak mungkin karena adanya keterbatasan teknologi dan SDM namun jika melayani menengah kebawah persaingan dengan bank umum yang tidak seimbang.</em></p> <p><em>Satu terobosan yang mungkin bisa digunakan sebagai strategi BPR untuk tetap bertahan ditengah kondisi persaingan yang kian ketat. Dimana BPR harus kembali memetakkan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh bank umum. Penelitian ini berfokus pada upaya BPR dalam memetakkan keunggulan yang dimilikinya sebagai dasar dalam menentukan kebijakan operasional kedepan.pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik deskriptif. sumber data berasal dari studi literature 10 jurnal tentang budaya inovasi pada bank. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa BPR sangat perlu untuk membangun budaya inovasi yang mengacu pada pelayanan, teknologi dan sumber daya manusia..</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci :</em></strong> <em>Budaya Inovasi, Fintech (Sinancial Teknologi), KUR (Kredit Usaha Rakyat) Bank umum, BPR (bank Perkreditan Rakyat)</em></p> Dhiyan Septa Wihara Copyright (c) 2020 Dhiyan Septa Wihara https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/466 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700