MEMBANGUN BUDAYA INOVASI : MEMPERTAHANKAN POTENSI BANK PERKREDITAN RAKYAT DI INDONESIA DI TENGAH PERSAINGAN DENGAN FINTECH DAN KREDIT USAHA KECIL DARI BANK UMUM

Authors

  • Dhiyan Septa Wihara

Abstract

Persaingan BPR dengan bank umum seakan tiada hentinya. Bahkan saat ini pemerintah seakan lebih memihak kepada bank umum salah satunya dengan mendorong pertumbuhan Kredit usaha rakyat (KUR) melalui bank umum milik pemerintah.kredit mikro tersebut menyasar pada masyarakat yang seharusnya dilayani oleh BPR, ini artinya terjadi persaingan yang tidak seimbang. Namun disisi lain BPR terap harus bertahan karena didalamnya terdapat jutaan karyawan yang bekerja di BPR. Belum lai hadirnya fintech (financial technology) seperti pembayaran online, pinjaman online, belanja online dan sebagainya membuat masyarakat semakin jarang dating ke bank untuk melakukan transaksi langsung. Padahal BPR umumnya masih menggunakan cara klasik yaitu dengan cara nasabah dating ke kantor untuk melakukan pembayaran atau transaksi. Kondisi seperti ini mengakibatkan jumlah nasabah di BPR mengalami penurunan jika di petakkan maha BPR ini mau melangkah ke segmen mana juga masih bingung, jika ke segmen atas maka tidak mungkin karena adanya keterbatasan teknologi dan SDM namun jika melayani menengah kebawah persaingan dengan bank umum yang tidak seimbang.

Satu terobosan yang mungkin bisa digunakan sebagai strategi BPR untuk tetap bertahan ditengah kondisi persaingan yang kian ketat. Dimana BPR harus kembali memetakkan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh bank umum. Penelitian ini berfokus pada upaya BPR dalam memetakkan keunggulan yang dimilikinya sebagai dasar dalam menentukan kebijakan operasional kedepan.pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik deskriptif. sumber data berasal dari studi literature 10 jurnal tentang budaya inovasi pada bank. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa BPR sangat perlu untuk membangun budaya inovasi yang mengacu pada pelayanan, teknologi dan sumber daya manusia..

 

Kata Kunci : Budaya Inovasi, Fintech (Sinancial Teknologi), KUR (Kredit Usaha Rakyat) Bank umum, BPR (bank Perkreditan Rakyat)

Published

30-06-2020

Issue

Section

Articles