PENGARUH FDR DAN BOPO TERHADAP PROFITABILITAS BMT UGT SIDOGIRI CAPEM SUKOREJO BLITAR

Authors

  • Liffaturrohmah Liffaturrohmah
  • Tetty Widiyastuti

Abstract

BMT UGT Sidogiri merupakan salah satu lembaga keuangan yang dilakukan dengan akad yang memiliki konsekuensi duniawi dan ukhrawi, karena akad dilakukan berdasarkan hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh FDR dan BOPO terhadap profitabilitas.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh FDR dan BOPO terhadap profitabilitas. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji T dan F. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengujian instrumen menggunakan uji asumsi klasik.

Berdasarkan hasil pengujian koefisien regresi secara simultan (uji F) didapatkan nilai Fhitung adalah sebesar F hitung 24.832 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000lebih kecil dari 0,05, dan degree of freedom pada angka 2 dan 33. Penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa profitabilitas BMT akan meningkat apabila FDR dan BOPO juga meningkat. Hasil pengujian koefisien regresi secara parsial didapatkan FDR sebesar 3.340 dengan signifikansi sebesar 0.002 yang artinya bahwa FDR secara parsial berdampak nyata pada kenaikan profitabilitas. Sedangkan nilai t-hitung pada variabel BOPO sebesar 2.853 dengan signifikansi sebesar 0.007 yang artinya bahwa BOPO secara parsial berdampak nyata pada kenaikan profitabilitas.

 

Kata Kunci : FDR, BOPO, Profitabilitas

Published

30-06-2020

Issue

Section

Articles