ANALISIS LOKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UKM AISA COOKIES BLITAR

Authors

  • Dewi Laila Masrurin
  • Shara Merry Palupi

Abstract

Penelitian ini dilakukan di UKM Aisa Cookies Blitar. Penelitian ini terdiri dari variabel lokasi, kualitas produk, dan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh lokasi dan kualitas produk secara simultan terhadap minat beli konsumen pada UKM Aisa Cookies Blitar. Latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan masalah lokasi usaha yang sulit dijangkau serta tidak setabilnya harga bahan baku kue kering yang berdampak pada produksi kue kering. Pengambilan data menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier berganda dengan pendekatan statistik yang dilakukan melalui program SPSS versi 16. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial lokasi berpengaruh signifikan terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 4,201 dari nilai t table 1,660, artinya ada pengaruh lokasi terhadap minat beli. Lokasi dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli secara simultan dengan nilai f hitung sebesar 138,407 lebih besar dari f tabel 3,10 dengan nilai probabilitas 0. R Square pada analisis regresi sebesar 74,1% dan sisanya 23,9%  dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kesimpulan dari skripsi ini yaitu lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada UKM Aisa Cookies, kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada UKM Aisa Cookies, serta lokasi dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada UKM Aisa Cookies.

 

Kata Kunci : lokasi, kualitas produk, minat beli

Published

30-06-2020

Issue

Section

Articles