ANALISIS TOWS DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CV PERMADI KARYA MANDIRI BLITAR

  • Dita Liani

Abstract

Analisis TOWS merupakan salah satu analisis yang digunakan untuk melihat faktor eksternal dan internal perusahaan. Tahap pertama analisis TOWS yaitu dengan melihat faktor eksternal perusahaan threaths dan opportunity kemudian diikuti dengan melihat faktor internal perusahaan weakness dan strenghts. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ancaman, pel;uang, kelemahan, kekuatan yang dimiliki pada CV Permadi Karya Mandiri Blitar dengan produk ayam broiler yang dipasarkan dan memberi masukan untuk menentukan startegi pemasaran yang tepat. Dengan melakukan analisis lingkungan peerusahaan yang mencangkup faktor eksternal dan internal yang akan mempengaruhi perusahaan di lakukan metode analisis TOWS (threats-opportunity-weakness-strenghts). Skor matrik EFAS yaitu 2,98 dan skor matrik IFAS yaitu 2,60, hal ini membuktikan bahwa CV Permadi Karya Mandiri Blitar dinilai sudah baik dari segi faktor eksternal dan internal dimana untuk skor rata-rata yaitu dengan skor tersebut CV Permadi Karya Mandiri Blitar berada pada posisi kuadran I dimana posisi ini mendukung strategi agresif yang mendukung kebijakan pertumbuhan dimana perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Berdasarakan analisis TOWS diperoleh strategi pemasaran yang tepat yaitu memperluas pemasaran dengan memanfaatkan teknologi internet dan media sosial, memanfaatakan jumalah penduduk, memperluas wilayah pemasaran dengan meningkatkan kegiatan promosi.   Kata Kunci : analisis TOWS, strategi pemasaran, volume penjualan
Published
27-12-2019
Section
Articles