PENINGKATAN KINERJA DOSEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0 MELALUI E-LEARNING : SEBUAH STUDI KOMPARATIF PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Authors

  • Dhiyan Septa Wihara

Abstract

Kemajuan teknologi banyak membawa dampak perubahan pada kehidupan masunia, salah satunya berdampak pada perubahan proses pembelajaran di pendidikan tinggi di Indonesia saat ini. Perubahan kurikulum dilakukan berulang kali utnuk menyesuaikan dengan perkembangan yang ada dan ini menuntut kemampuan dari dosen sebagai pengajar sekaligus fasilitator utama dalam memberikan pengetahuan terkini kepada mahasiswa. Universitas Nusantara PGRI merupakan salah satu universitas swasta di indonesia yang merespon cepat terhadap perubahan itu, salah satunya dengan mengadakan workshop e learning pada tanggal 13 september 2019 untuk menunjang mutu pengajaran dari dosen. Penelitian ini bertujuan melihat kemanfaatan workshop tersebut terhadap kompetensi dosen dengan dengan cara melihat perbandingan sebelum dan sesudah pelatihan tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik deskriptif komparatif. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling yaitu seluruh dosen fakultas ekonomi yang berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner. Teknik analisis menggunakan uji normalitas data sebagai dasar penentuan analisis selanjutnya. Jika data bersifat normal maka dilakukan uji paired sampel t test dan bila data tidak normal digunakan uji wilcoxon untuk menganalisisnya. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi dosen sebelum dan sesudah mengikuti workshop e learning dilihat dari quantity of work, quality of work, job knowledge, creativeness, cooperation, dependability dan initiative. sedangkan untuk personal quality tidak terdapat perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah pelatihan e-learning

 

Kata Kunci: e learning, perfomance, Universitas Nusantara PGRI Kediri Indonesia.

Published

27-12-2019

Issue

Section

Articles