ANALISIS KUALITAS PRODUK GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD BATU INDAH BLITAR

Authors

  • Hendion Tri Sugiarto
  • Tanto Askriyandoko Putro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk terhadap penjualan UD Batu Indah Blitar. Jumlah populasi yaitu 34 orang, semua populasi dijadikan sebagai sampel pada penelitian ini. Dalam proses penelitian pada penelitian ini menggunakan data yang bersal dari peyebaran kuesioner terhadap seluru konsumen UD Batu Indah Blitar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis linier berganda yang diolah menggunakan program aplikasi SPSS 20. Hasil tabulasi kuesioner menunjukan bahwa responden cukup puas dengan kualiatas produk UD Batu Indah, akan tetapi masih kurangnya responden yang setuju bahwa tekstur produk sesuai dengan yang diharapakan. Dalam hal tersebut bermakna ada beberapa konsumen yang kurang puas dengan tekstur produk yang dipesan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap penjualan. Maka demikian perusahaan UD Batu Indah, sebaiknya lebih memperhatikan kualitas produk terutama pada tekstur produk supaya produk yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan oleh konsumen, dengan begitu maka diharapkan tidak akan terjadi penolakan produk. Hal yang dapat dilakukan dalam menghasilkan tekstur produk yang baik adalah dengan cara memperhatikan fasilitas produksi dengan menerapkan pengaturan jadwal kegiatan pemeliharaan alat produksi, serta menerapakan quality control atau pengawasan.

 

Kata kunci: Kualitas Produk, penjualan

Published

27-12-2019

Issue

Section

Articles