ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA HOTEL SRI REJEKI BLITAR)

Authors

  • Yeyen Aprilia
  • Sandi Eka Suprajang

Abstract

Pemasaran adalah semua sistem merencakanan, menentukan harga barang, mempromosikan suatu produk, dan mengedarkan barang atau jasa bagi pemberli yang berpotensi untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan dalam menumbuhan loyalitas pelanggan Hotel Sri Rejeki Blitar (2) pengaruh kepuasan pelanggan dalam menumbuhkan loyalitas pelanggan Hotel Sri Rejeki Blitar; (3) pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama dalam menumbuhkan loyalitas pelanggan pada Hotel Sri Rejeki Blitar.

Jenis penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang telah disebar kepada pelanggan Hotel Sri Rejeki Blitar Kota Blitar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34.390 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 400 responden pelanggan Hotel Sri Rejeki Blitar. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji f pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Hotel Sri Rejeki Blitar. Hasil uji t pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara parsial kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dalam menumbuhkan loyalitas pelanggan pada pelanggan Hotel Sri Rejeki Blitar. Dilihat dari hasil analisis koefisien determinasi yang didapat nilai R Square sebesar 0,459 atau 45,9% variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel analisis kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain yangtidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Published

27-12-2019

Issue

Section

Articles