ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK PUSKESMAS TERHADAP INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI KASUS UPTD KESEHATAN KECAMATAN KEPANJENKIDUL KOTA BLITAR)

Authors

  • Devi Irma Sucia Ningtyas
  • Retno Murni Sari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan kinerja pelayanan yang baik guna meningkatkan nilai indeks kepuasan masyarakat pada UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan PermenPANRB No.14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan data yang didapatkan langsung dari responden, diperoleh melalui penyebaran kuisioner dan wawancara. Nilai indeks kepuasan masyarakat yang diperoleh pada UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar adalah sebesar 3,218. Dengan hasil konversi sebesar 80,45 sehingga mutu pelayanan pada UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar masuk ke dalam kategori B dengan kinerja unit pelayanannya baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kinerja pelayanan pada UPTD Kesehatan Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar telah diterapkan dengan baik, namun perlu peningkatan kembali dalam menerapkan dan menjalankan kinerja pelayanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip dan penyusunan standar pelayanan publik yang berlaku agar dapat terus meningkatkan dan mempertahankan nilai indeks kepuasan masyarakat.

 

Kata Kunci: Kinerja Pelayanan, Standar Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat

Published

27-12-2019

Issue

Section

Articles