ANALISIS CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MEREK YAMAHA DI CV ALVINA INDAH MOTOR BLITAR

  • Tety Catur Reza Pratiwi
  • Tetty Widiyastuti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis citra perusahaan terhadap keputusan pembelian motor merek Yamaha di CV Alvina Indah Motor Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari CV Alvina Indah Motor Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden dengan menggun akan teknik penentuan sampel Non Probability Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggun akan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 17. Berdasarkan hasil penelitian dengan regresi menunjukkan bahwa citra perusahaan (X) memberikan kenaikan nilai sebesar 5,545 pada variable keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa indicator dari citra perusahaan yang value (etika) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini berdasarkan nilai t hitung> t tabel X5 2,921>1,98 dan X6 2,864>1,98. Dan pengujian secara simultan menunjukkan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini berdasarkan nilai f hitung > f tabel 34,115 > 3,93. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah citra perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra perusahaan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pelayanannya terhadap konsumen dengan memberikan kepedulian dan respon yang cepat tanggap terhadap keluhan konsumen dan dapat meningkatkan keputusan pembelian.   Kata Kunci: Citra Perusahaan dan Keputusan Pembelian
Published
29-05-2019
Section
Articles