MENINGKATKAN PENDAPATAN DITINJAU DARI KINERJA KARYAWAN SEBAGAI DAMPAK KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA (STUDI KASUS PADA BPR NUSUMMA JATIM CABANG GODANG MALANG)

Authors

  • Suprasiono -
  • Kristya Damayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan pendapatan ditinjau dari kinerja karyawan sebagi dampak kepemimpinan dan motivasi kerja pada BPR Nususma Jatim Cabang Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada seluruh karyawan yang berjumlah 25 karyawan BPR NusumaJatimCabangGondang Malang. Analisis data penelitian ini menggunakan bantuan nilai mean item,mean variabel, serta melihat data valid dan reliabel menggunakan SPSS versi 17.

Hasil analisis menunjukan bahwa dari hasil pendapatan yang diperoleh selama kurun waktu satu tahun mengalami naik turun, sedangkan dilihat dari kinerja karyawan perlu ada perbaikan karena nilai mean variabel masih di bawah 4,00 yaitu 3,94. Dari variabel kepemimpinan perlu ada pembenahan juga terlihat masih dibawah 4,00 yaitu mendapatankan nilai 3,72. Sedangkan dilihat dari variabel motivasi juga masih mendatkan nilai dibawah 4,00 yaitu sebesar 3,35.

Perusahan PT. BPR NusummaJatimCabang Malang harus bisa menyetabilkan pendapatkan. Hal tersebut di barengi dengan kinerja karyawan. Variabel kinerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan. Sedangkan kepemimpinan dan motivasi mempunyai pengaruh dominan yang menunjukan bahwa kepemimpinan dan motivasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap kinerja karyawan. Perlu ada pembenahan terhadap model kepemimpinan dan motivasi agar kinerja karyawan semakin meningkat dan pendapatan perusahaan semakin meningkat.

 

Kata Kunci : Peningkatan Pendapatan, Kinerja Karyawan

Downloads

Published

02-02-2022

How to Cite

-, S., & Damayanti, K. (2022). MENINGKATKAN PENDAPATAN DITINJAU DARI KINERJA KARYAWAN SEBAGAI DAMPAK KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA (STUDI KASUS PADA BPR NUSUMMA JATIM CABANG GODANG MALANG). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 1(1), 78–91. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/382

Issue

Section

Articles