PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI PENETAPAN GAJI PADA UD MEGA GROSIR (MEGA GROUP) KOTA BLITAR

Havidatun Nadziroh Al Ghozali, Sandi Eka Suprajang

Abstract


Sumber daya manusia adalah aset utama yang sangat berpengaruh dalam mewujudkan tujuan dan kemajuan perusahaan. Keberhasilan dari sebuah usaha/perusahaan dapat dipengaruhi oleh faktor ekstrernal maupun internal. Salah satu dari faktor internal yang dapat dilihat adalah penetapan gaji yang sesuai dari pemilik usaha kepada karyawan. Sedangkan faktor eksternal dapat dilihat dari pelatihan dan pengembangan karyawan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui mengenai penetapan gaji bagi karyawan guna meningkatkan kinerja karyawan UD Mega Grosir (Mega Group) Kota Blitar yang belum optimal.

Kesimpulan yang didapat dari hasil uji validitas adalah hasil nilai tabel r product moment = 0,396, menyatakan  bahwa Jika r hitung > r tabel, maka pernyataan tersebut dinyatakan valid. Dari hasil uji reliabilitas diketahui bahwa nilai koefisien alpha lebih besar dari 0,6 maka dapat disimpulkan bahwa instrument penelitian tersebut handal atau reliable.hasil linier sederhana diketahui hasil Y= 27,532+ 0,387X. Artinya a = 27,532 apabila penetapan gaji (X1), diasumsikan tidak memiliki pengaruh sama sekali (=0) maka kinerja karyawan adalah sebesar 27,532, β1=0,387 artinya apabila penetapan gaji (X1) naik 1 (satu) satuan dan variabel lainnya tetap maka kinerja karyawan akan naik sebesar 0,387. Dari hasil uji T diketahui nilai thitung= 2,907 dengan tingkat signifikansi 0,008. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Dan hasil uji-F dan regresi dikethaui hasil nya adalah Fhitung sebesar 8,449 dengan tingkat signifikansi 0,008<0,05, menunjukkan bahwa penetapan gaji yang tinggi berpengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan.

 

Kata Kunci: Penetapan Gaji, Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.