ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KOMPETENSI DOSEN POLITEKNIK NEGERI KUPANG

Authors

  • Ridolof W. Batilmurik
  • Stela Sahetapy
  • Robert M. Noach
  • Pieter D. Samadara

Abstract

Strategi pengembangan kualitas sumber daya manusia Politeknik Negeri Kupang dapat dilakukan untuk menciptakan Dosen PNK yang kompeten dalam aspek professional, pedagogic, kepribadian dan sosial. Fakta menunjukan bahwa 119 dosen telah tersertifikasi namun belum menunjukan kompetensi pada bidang keahliannya khususnya pada aspek pedagogic dan profesionalnya. Apakah serdos yang didapat adalah karena hak seutuhnya dari dosen ataukah memang dosen telah menunjukan kompetensinya melalui sejumlah instrument tes yang dilakukan melalui deskripsi diri dan penilaian-penilaian terhadap 4 aspek kompetensi tersebut.

Penelitian ini berjudul analisis strategi pengembangan SDM terhadap kompetensi dosen.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan dan pelatihan yang ada di PNK Kupang dan serta untuk mengetahui apakah secara parsial maupun simultan pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap kompetensi dosen.

Penelitian ini bersifat eksploratif dengan pendekatan assoiatif (sebab-akibat). Sampel berjumlah 54 responden dari 119 dosen yang telah tersertifikasi menggunakan teknik Slovin 10%. Analisis data menggunakan stattistik deskriptif dan inferensial; niai rata-rata jawaban responden, uji instrument berupa validitas dan reliabiliats, asumsi klasik dan regresi berganda, serta uji hipotesis F hitung dan T hitung.

Hasil analisis menunjukan bahwa startegi pendidikan dan pelatihan mampu memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi dosen baik secara parsial maupun simultan.

 

Kata kunci: Strategi Pengembangan SDM, Pendidikan, Pelatihan, Kompetensi

Published

26-10-2017

Issue

Section

Articles