CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY: SEBUAH TINJAUAN ETIS DAN REGULATIF DALAM BISNIS

  • Rony Ika Setiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait Corporate Social Responsbility (CSR) dalam perspektif etis dan regulatif yang berlaku di Indonesia. Praktik-praktik etik dalam implementasi CSR perlu dipelajari secara mendalam tentunya dengan melihat kesesuaian dengan peraturan-peraturan yang berlaku di negara Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode hermeneutik dimana berusaha melihat fenomena berdasarkan konteks yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Etika kita temukan dalam perusahaan mengandung unsur-unsur yang sama dengan etika dalam konteks sosio-ekonomi di mana perusahaan tersebut beroperasi. Hal ini memunculkan argumentatif bahwa dalam konteks implementasi CSR, perusahaan dapat meperoleh dampak sosio-ekonomi yang positif dari lingkungan dimana perusahaan tersebut beroperasi. Dampak positif ini seperti citra positif perusahaan yang semakin baik di lingkungannya, kepedulian etis masyarakat sekitar yang menerima manfaat CSR tersebut dari perusahaan, dan juga dengan perusahaan mengimplementasikan CSR, etika sosio-ekonomi masyarakat akan terbentuk dan menjadi lebih positif terutama terhadap perusahaan tersebut. Hal ini penting untuk kelangsungan hidup (going concern concept) perusahaan tersebut. Kata Kunci: Corporate Social Responsbility, Etis, Regulatif
Published
10-04-2017
Section
Artikel