MENURUNKAN POTENSI KREDIT MACET MELALUI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PADA PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT

Ajeng Jevia Putri, Sulistya Dewi Wahyuningsih

Abstract


Pada  PT. BPR Nusamba Wlingi, Blitar permasalahan yang terjadi adalah kredit macet. Ini dapat dihindari dengan adanya suatu pengendalian internal yang memadai dan prosedur pemberian kredit yang baik dalam bidang perkreditan. Selain itu diperlukan juga suatu pengendalian internal yang dapat menunjang efektivitas sistem pemberian kredit, sehingga dapat menurunkan potensi kredit macet.

Penulis melakukan penelitian menggunakan variabel penelitian yaitu : pengendalian internal kredit, prosedur pemberian kredit dan kredit macet. Jenis penelitian yang digunakan: analisa deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan: analisa prosedur pemberian kredit, analisa pelaksanaan prosedur pemberian kredit, analisa data pembayaran kredit nasabah dan analisa pengendalian internal.

Hasil penelitian ini adalah kredit macet yang terjadi di PT. BPR Nusamba WLingi-Blitar disebabkan diantaranya tingginya bunga awal angsuran.Sedangkan dalam pelaksanaannya perlu menyediakan bagian rekomendasi kredit. Selain itu peningkatan jumlah nasabah dalam kategori nasabah kurang lancar dan macet dari tahun 2011-2015. Dari segi pengendalian internal perusahaan seharusnya mencantumkan satuan pengendalian internal untuk bagian kredit, setiap permohonan kredit harus dianalisa secara seksama untuk menilai layak tidaknya kredit diberikan, dalam memutuskan persetujuan kredit hendaknya lebih selektif dan sesuai dengan prinsip 5C. Untuk pengawasannya lebih baik pimpinan perusahaan mengadakan monitoring terhadap bagian kredit secara rutin sehingga pengendalian internal dapat berjalan dengan efektif.

 

Kata kunci: Kredit Macet, Pengendalian Internal Kredit, Prosedur Pemberian Kredit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.