ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMBERIAN KREDIT DALAM MENURUNKAN TINGKAT KREDIT MACET PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM “KHARISMA MITRA KARYA“

Yesti Nawangsari, Iwan Setya Putra

Abstract


Koperasi Simpan Pinjam merupakan lembaga keuangan yang berfungsi menyimpan dana dari masyarakat dan menyalurkannya melalui kredit. Resiko kemacetan kredit selalu terjadi dalam lembaga keuangan pemberi kredit, sehingga apabila lembaga keuangan pemberi kredit kurang hati – hati dalam pemberian kreditnya, maka dapat menyebabkan kemacetan kredit. Pengendalian intern yang memadai berkaitan erat dengan sistem pemberian kredit, karena apabila pengendalian intern tidak diterapkan secara memadai maka akan berpengaruh pada sistem pemberian kredit, dan resiko kredit macet dapat terjadi. Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui sistem pengendalian intern pemberian kredit pada Koperasi Simpan Kharisma Mitra Karya.

Metode analisa yang digunakan ialah kualitatif, teknik analisa yang digunakan ialah dengan menganalisa system pemberian kredit, prosedur pemberian kredit, pengendalian intern, data pemberian kredit dan tingkat kolektabilitas kredit, analisa kredit macet, penyelamatan kredit macet dan penyelesaiannya, dan terakhir menarik kesimpulan serta memberikan saran dalam perbaikan.

Dari hasil analisa penulis memberikan kesimpulan bahwa penerapan sistem pengendalian intern pemberian kredit pada Koperasi Simpan Pinjam Kharisma Mitra Karya kurang efektif, hal tersebut terlihat dari hasil survei dimana prinsip – prinsip pemberian kredit yang sudah ada dalam lembaga kurang diterapkan dengan baik, persetujuan kredit belum dilakukan secara tertulis dan jelas serta pemisahan fungsi dan tugas pada struktur organisasi yang kurang jelas. Hal terakhir yang dilakukan penulis ialah memberikan saran pada Koperasi Simpan Pinjam Kharisma Mitra Karya mengefektifkan pencatatan atau persetujuan secara tertulis pada hasil survei dan memberikan kejelasan pada fungsi dan tugas dalam struktur organisasi.

 

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Intern Pemberian Kredit, Kredit Macet

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.