ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI INDOMIE MELALUI ATRIBUT PRODUK (STUDI PADA KONSUMEN DI KECAMATAN SANANWETAN KOTA BLITAR)

Sandi Eka Suprajang

Abstract


Variabel yang diangkat dalam penelitian ini adalah variabel bebas dimensi atribut produk (X) yang terdiri dari merek (X1), mutu (X2), kemasan (X3), dan rasa (X4) serta variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Untuk mengetahui atribut produk terhadap keputusan konsumen dengan cara menggali informasi dari konsumen atau pengonsumsi mie instan malalui pengisian kuisioner dan memberikan pertanyaan terbuka. Penelitian ini menggunakan teknik Multiple Regression dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Populasi sebanyak 160 orang. Sampel sebanyak 112 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan Purposive Sample. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ada pengaruh yang signifikan antara merek (X1), mutu (X2), kemasan (X3), dan rasa (X4) secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen telah terbukti. Saran dalam penelitian ini sebaiknya, selanjutnya dilakukan penelitian yang lebih spesifik mengenai jenis dan varian dari mie instant yang akan diteliti, serta respondenya sebaiknya dari berbagai kalangan supaya data yang didapatkan lebih baik lagi.

 

Kata Kunci: Atribut Produk, Keputusan Konsumen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.