ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA SPORT CENTER (Studi Kasus Mensana Sport Center Futsal Kediri)

  • Afif Nur Rahmadi

Abstract

Penelitian  ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan  pengaruh antara kualitas pelayanan, kualitas produk dan kenyamanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen. Sample yang digunakan dalam penelitian ini,sejumlah 100 responden. Analisa data ini menggunakan dengan  Regresi berganda. Dengan variabel kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), dan kenyamanan (X3) sebagai variabel dependent sedangkan dengan variabel independent atau keputusan konsumen (Y). Berdasarkan perhitungan dari analisis regresi dengan menggunakan SPSS, maka dapat diketahui bahwa pengambilan keputusan konsumen dipengauhi oleh kualitas pelayanan Selanjutnya  pengambilan keputusan konsumen dipengauhi oleh kualitas produk. Begitu pula perhitungan selanjutnya diketahui bahwa pengambilan keputusan konsumen dipengauhi oleh kenyamanan. Sedangkan hasil uji t  diperoleh terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kenyamanan terhadap pengambilan keputusan konsumen menggunakan jasa Mensana Sport Center Futsal Kediri. Sedangkan Uji f dilakukan mendapatkan hasil secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan konsumen artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kualitas pelayanan, kualitas prosuk dan kenyamanan secara simultan terhadap pengambilan keputusan konsumen menggunakan jasa Mensana Sport Center Futsal Kediri. Hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk dan kenyamanan secara bersama-sama mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen sebesar 20,1% sedangkan sisanya 79,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, kualitas produk, kenyamanan dan Keputusan konsumen
Published
03-05-2016
Section
Artikel