PENGARUH IKLAN DAN MEREK SEPEDAMOTOR SUZUKI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

  • Rony Ika Setiawan

Abstract

Selain pengaruh dari iklan, konsumen pun akan lebih mementingkan arti produk. Oleh sebab itu produsen harus mampu mempertahankan kualitas dan manfaat produk dalam suatu merek, terutama untuk merek yang telah lama dikenal oleh masyarakat.Saat ini telah banyak produk sepedamotor yang mempunyai ciri fisik yang hampir sama dengan produk sepedamotor Suzuki, dengan menampilkan iklan yang boleh dikatakan memberikan tawaran-tawaran dan persaingan yang ketat terhadap sepedamotor Suzuki. Dalam penelitian ini, akan diteliti mengenai iklan dan merek sepedamotor Suzuki.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan merek sepedamotor Suzuki secara individu terhadap minat beli. Periklanan merupakan salah satu dari variabel promotional mix yang ditujukan sebagai sarana informasi tentang suatu produk bagi konsumen, dan melalui merek dapat dengan mudah untuk mengenal produk yang ditawarkan perusahaan.Dengan latarbelakang yang telah diuraikan di atas, maka pokok permasalahan yang akan dibahas adalah: Apakah iklan berpengaruh terhadap minat beli sepedamotor Suzuki dan Apakah merek berpengaruh terhadap minat beli sepedamotor Suzuki?Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan kepustakaan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 responden dengan metode accidental sampling.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis koefisien korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara iklan dan merek secara individu terhadap minat beli.Perhitungan koefisien korelasi dari variabel merek, variabel iklan dengan variabel minat beli secara individu sebesar 0,138 dan 0,161, mempunyai arti bahwa korelasi sangat rendah dan setelah dilakukan uji hipotesis maka dianggap tidak mempunyai arti.Kata Kunci : Iklan, Merk, Minat Beli
Published
01-10-2015
Section
Artikel